3 Mei 2020

Wakapolres Sinjai Hadiri Rapat Terbatas Terkait Tindak lanjut Pengawasan Dan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sinjai

Polres Sinjai, Pada hari Sabtu tanggal 2 Mei 2020 pukul 21.25 wita bertempat di Lobi Hotel Sinjai, Jln Persatuan Raya, Kel. Biringere, Kec. Sinjai Utara, Kab. Sinjai, Kapolres Sinjai yang diwakili oleh Waka Polres Sinjai mengjadiri Rapat Terbatas terkait Tindak Lanjut Pengawasan dan Penanganan Covid 19 di Kab. Sinjai.

Kegiatan dipimpin oleh Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, SH, LLM dan dihadiri pula Letkol Inf.Oo Sahrojat, S.Ag, M.Tr(Han) (Dandim 1424 Sinjai), Drs. Akbar, M.Si (Sekda Sinjai), Ajie Prasetya SH. MH (Kajari Sinjai), Lukman Arsal (Ketua DPRD Sinjai), Dr. Suryanto Asapa (Kepala Dinas Kesehatan Sinjai), A. Irwan Syahrani (Kadishub Sinjai), Ustadz Fadlullah Marzuki (Tokoh agama), Drs. Budiaman (Kepala BPBD Sinjai), Para camat se- Kab. Sinjai.

Pada kegiatan ini Penyampaian Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, SH,LLM yang intinya bahwa setelah adanya Posisi sekarang ini mari kita bekerja dengan lebih kedepannya, Mari kita sama sama membagi tugas untuk mencegah penularan covid 19 ke tempat tempat lain, Perketat pengawasan dengan pasien yang di isolasi jangan sampai ada yang sampai keluar dari tempat yang sudah disiapkan.

“Kita bisa juga membuat prosedur protokol dan tracking terhadap orang-orang yang pernah bersentuhan dengan orang tersebut, Pengeluaran kita tentunya akan lebih banyak dari pada sebelumnya bisa disampaikan kepada khususnya dari pemerintah daerah mengenai persiapan dana dan menarik barang yang sudah ada. Dan perketat pengawasan dengan pasien yang di isolasi jangan sampai ada yang sampai keluar dari tempat yang sudah di siapkan.

Adapun penyampaian Dr. Suryanto Asapa (Kepala Dinas Kesehatan Sinjai) yang intinya bahwa kami dari pihak dinas kesehatan sudah melakukan simulasi dari tadi malam. Dan untuk sekarang ini tim kami telah menangani pasien OTG, sekaligus melakukan simulasi penanganan dan pelayanan kepada pasien.

“Adapun keluarga pasien yang sementara di isolasi tersebut akan diadakan swab tes besok pagi jam 09.00 wita dan akan di antar langsung ke RSU sinjai. Dan ada dua dokter yang kami siapkan untuk pasien OTG yang sementara di isolasi di Hotel sinjai.

Lanjut penyampaian Letkol Inf.Oo Sahrojat, S.Ag, M.Tr(Han) (Dandim 1424/Sinjai) yang intinya bahwa untuk anggota kodim ini sudah sembilan puluh persen anggota saya terlibat dalam penanganan Covid-19. Dan TNI di perbantukan dalam penanganan covid 19 ini dan anggota kami sudah terbagi bagi.

“Dan kami dari TNI, ketegasan itu selalu dalam lingkup protokol, dan saya mengharapkan gugus tugas di kabupaten mengacu kepada gugus tugas provinsi, sehingga Tim Tracking harus segera di bentuk, sehingga kami dari TNI tidak terjebak dengan ketegasan yang keliru, tapi dengan ketegasan yang terarah dalam melaksanakan tindakan.

Lanjut penyampaian Lukman Arsal (Ketua DPRD Sinjai) yang intinya bahwa saya mengusulkan tim tracking masing masing mempunyai koordinator di wilayah agar sistem pelaporan dapat terarah. Dan tim tracking ini tetap di bawah kendali dinas kesehatan.

Selanjutnya penyampain Waka Polres Sinjai Kompol Syarifuddin yang intinya hahwa kami dari Kepolisian tetap melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap berdiam di rumah. Dan kedepannya kami dari kepolisian akan menindak tegas bagi masyarakat yang tetap melakukan perkumpulan di pinggir jalan atau di tempat-tempat lain namun tetap kami lakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada manyarakat.

“Dan kami akan rapatkan, menghadirkan kasat Intel dan jajaran Polsek untuk membahas terkait orang-orang yang pernah berinteraksi langsung dengan pasien tersebut dan pendataan ODP yang ada di Kab. Sinjai. Dan kedepannya jika ada permintaan bantuan pengamanan nantinya tetap akan berkoodinasi dengan Bupati Sinjai.

(AS)

TRIBRATA NEWS