20 Maret 2020

Indonesia Bisa Jadikan Corona Pelajaran Hadapi Perang Senjata Biologi

loading…

JAKARTA – Wabah COVID-19 atau virus Corona menyebar ke berbagai belahan dunia. Korban akibat virus asal Wuhan ini terus berjatuhan. Tidak terkecuali ke Indonesia.

Pengamat pertahanan dan militer, Connie Rahakundini Bakrie menilai Indonesia harus menjadikan wabah Corona sebagai pelajaran atau latihan menghadapi perang senjata biologi ke depan.

Kendati demikian menandaskan tidak perlu diperdebatkan tentang virus Corona senjata biologi atau bukan.

Baca Juga:

“Jangan lagi dibahas tentang senjata biologi atau bukan, tapi kita harus siap hadapi senjata biologi. Ini bisa menjadi latihan, karena ke depannya bentuk rupanya akan berubah,” kata Connie Rahakundini Bakrie kepada SINDOnews, Jumat (20/3/2020). (Baca juga: Prabowo Minta TNI Kerahkan Pesawat ke China Ambil Alat Kesehatan)

Apalagi, lanjut dia, ada penelitian tahun 2003 silam yang memprediksi tahun 2017 hingga tahun 2023 mendatang kebutuhan pasar tentang bagaimana deteksi, proteksi, dekontaminasi dan lain-lain itu akan meningkat 5%.

“Bayangkan 2017 sampai 2023,” katanya.

Dia tidak menutup kemungkinan serangan virus muncul pada tahun tahun berikutnya. “Dengan adanya statement begitu, harus kita asumsikan sampai 2023 ini masih ada serangan lain, namanya bisa Corona, bisa Corona yang bermutasi saya enggak tahu,” sambungnya.

(dam)